Beranda » Opini » Penggunaan Kampanye Online Pilkada Jawa Tengah Minim

Penggunaan Kampanye Online Pilkada Jawa Tengah Minim

Kampanye untuk pemilihan kepala daerah Jawa Tengah 2008 sudah dimulai sejak Jumat, 6 Juni, dan berakhir pada Rabu, 18 Juni 2008. Setelah masa tenang selama tiga hari, pencoblosan dilakukan pada Ahad, 22 Juni.
Sebelum kampanye resmi, sebetulnya mereka sempat melakukan debat terbuka yang disponsori oleh Perspektif Online. Wimar Witoelar mengundang dan memandu mereka untuk menyampaikan visi dan misi sekaligus menjawab pertanyaan dari peserta. Acara yang berlangsung di Auditorium RRI Semarang tersebut disiarkan secara langsung oleh TVRI Jawa Tengah dan RRI Semarang, Solo & Purwokerto, hari Sabtu 31 Mei 2008 jam 19.30-21.00. Ini sedikit mengobati kekecewaan masyarakat, karena pada pertemuan yang dirancang Universitas Muhammadiyah Surakarta pada 1 Maret sebelumnya, dari kelima kandidat hanya Bibit Waluyo yang hadir.

Namun memasuki tiga hari pertama kampanye resmi, tidak ada hal baru yang dilakukan oleh para calon. Mereka melakukan kampanye konvensional dengan cara tradisional. Misalnya menyambangi pasar-pasar dan berdialog dengan para pedagang, menggelar rapat tertutup dan memberi bunga pada para pengguna jalan. Bahkan ditengarai ada pula kampanye yang kebablasan dan dinilai melanggar koridor hukum. Ini dilakukan oleh Sukawi Sudharto di Blora. Mereka menyalurkan 372 paket sembako kepada para pensiunan PNS melalui kantor pos. Situs Okezone menyebut, penemuan paket berisi 1 kg gula, 5 kg beras, minyak goreng, dan stiker Sukawi-Sudarto itu sudah dilaporkan ke polisi dan diminta dihentikan pembagiannya.
Lalu, siapa kandidat yang paling populer? Biarlah para lembaga survei yang melakukan itu di lapangan langsung. Blog ini hanya menganalisis apa yang terjadi di dunia maya. Ada tiga hal yang perlu dicatat.


Pertama,
Sukawi Sutarip adalah yang paling populer. Setidaknya ini dikatakan oleh mesin pencari Google. Ketiklah “sukawi sutarip” (dengan diapit tanda petik) dan Google menampilkan 92.800 halaman pada hari ini, Ahad 8 Juni pukul 14.00. Dengan cara yang sama kita akan mendapatkan 14.300 halaman untuk Bibit Waluyo, 11.700 untuk Bambang Sadono, 6.070 halaman untuk Agus Soeyitno dan hanya 4.000 HM Tamzil.
Sementara kalau search engine untuk para kandidat wakil gubernur, ditemui data sebagai berikut: hanya 302 halaman untuk Abdul Kholiq Arif, 1700 untuk Sudharto PGRI Jawa Tengah (tanpa tanda petik). Muhammad Adnan ada ada 27.000, tapi karena banyak yang namanya sama, untuk mengecilkan kriteria tambahkan PWNU Jawa Tengah (tanpa tanda petik) dan ada 770. Untuk Rustriningsih Kebumen (tanpa tanda petik) ada 7.150 halaman. Dan 387 untuk Abdul Rozak Rais.
Cara ini tentu jauh dari ilmiah, karena banyak halaman yang sama, atau nama orangnya sama atau karena menulis dengan ejaan yang berbeda. Bagaimana pun, tokoh terpopuler menurut Google adalah Sukawi Sutarip dan Rustriningsih.

Kedua,
hanya Sukawi Sutarip satu-satunya kandidat gubernur yang mempunyai halaman profil di Wikipedia Indonesia. Nama Bibit Waluyo ada di 4 halaman, tapi bukan tentang profil pribadinya, melainkan pada halaman tentang kesatuan militer Angkatan Darat. Sama dengan nama Bambang Sadono yang tampil justru di halaman tentang profil sebuah kecamatan di Boyolali serta satu halaman untuk HM Tamzil di halaman tentang profil kabupaten Kudus. Wikipedia tidak mencatat satu halaman pun tentang Agus Soeyitno (ingat, ini di halaman utama).
Tentang kandidat wakil gubernur, Rustriningsih seharusnya familiar dengan Wikipedia, eh, ternyata sama saja. Perempuan yang menempati urutan 53 dari 99 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia versi Globe Asia yang dirilis Oktober 2007 ini tercatat pada 4 halaman, salah satunya tentang profil kabupaten Kebumen, tetapi belum mempunyai halaman tentang profil pribadinya.

Ketiga,
dari dunia blog. Kalau kita cari secara cepat, tak satupun dari lima kandidat gubernur Jawa Tengah yang mempunyai blog, baik di WordPress, Blogspot, Multiply maupun Friendster. Peluang ini dimanfaatkan oleh blogger Slamet Hariyanto yang menulis satu kategori khusus tentang Calon Gubernur Jawa Tengah. Pada hari ini pukul 15.30, komentar terbanyak diperoleh untuk kandidat HM Tamzil (41), Bambang (40), Bibit (39), Sukawi (14) dan Agus Soeyitno (10). Sebagian besar yang berkomentar di situ adalah para pendukung masing-masing kandidat.

Kesimpulannya:

(1) Para kandidat belum menggunakan sepenuhnya media online untuk menggolkan tujuannya, padahal media ini termasuk yang paling murah tapi berdampak luas dan (hampir) abadi. Ingat, kemenangan Barack Obama atas rivalnya Hillary Clinton salah satunya karena dukungan internet.
(2) Kampanye mereka masih tradisional, konvensional dan hanya untuk meraih tujuan pendek. Tak ada yang baru, semua hanya mengumbar janji.
(3) Citra para kandidat belum terpaut terlalu jauh di internet, meski Bambang Sadono menempati urutan pertama pada survei yang dilakukan LSI bulan Desember silam.


1 Komentar

  1. muhammad jamil mengatakan:

    Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,543 Kepala

Ziddu

Juni 2008
M S S R K J S
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930