Beranda » Euro 2008 » Ramalan Euro 2008: Turki vs Rusia di Final

Ramalan Euro 2008: Turki vs Rusia di Final

tropi euro 2008
Setelah melalui empat pertandingan menghadapi tim-tim besar, tak pelak lagi saya menjagokan Turki untuk sampai ke final. Turki terbukti tidak kenal menyerah sampai detik terakhir. Di pertandingan terakhir grup, setelah tertinggal 0-2 melawan Republik Ceko, Turki membalas dengan tiga gol pada 15 menit terakhir, sekaligus meraih tiket terakhir ke perempat final. Dan tadi malam melawan Kroasia, Turki berbalik unggul dalam adu penalti setelah bermain imbang 1:1 dalam 120 menit pertandingan.

Perlu diingat, tadi malam Kroasia lebih bugar, pasukannya lebih komplet dan lebih banyak menekan. Namun mereka gagal menjebol gawang Rustu hingga menit ke-119 ketika Ivan Klasnic berhasil memanfaatkan blunder kiper pengganti Demirel tersebut. Saat mereka sudah berpikir akan menang, Semih Senturk berhasil memperdaya kiper Stipe Pletikosa untuk menyamakan kedudukan. Dan di drama adu penalti, dari empat penendang Kroasia, hanya satu yang berhasil, dua melenceng dan satu penendang terakhir berhasil digagalkan Rustu. Sedangkan tiga algojo Turki mampu menyelesaikan tugasnya dengan sempurna.

Bagaimana di pertandingan semifinal melawan Jerman? Jelas Turki masih dibawah Jerman. Jerman (dan Jerman Barat) adalah tim paling sukses di Eropa. Mereka merengkuh tropi tersebut tiga kali, yaitu tahun 1972 (mengalahkan Uni Soviet 3:0 di Belgia), 1980 (mengalahkan Belgia 2:1 di Italia) dan tahun 1996 (mengalahkan Republik Ceko 2:1 di Inggris). Mereka juga dua kali meraih runner up di tahun 1976 (dikalahkan Cekoslowakia 3:5 dalam adu penalti setelah draw 2:2 di pertandingan normal di Yugoslavia) dan tahun 1992 (dikalahkan Denmark 0:2 di Swedia).

Prestasi Turki jelas nggak ada apa-apanya. Mereka baru tiga kali mengikuti Piala Eropa dengan pencapaian terbaik mencapai perempatfinal pada 2002. Di bulan Juni 2008, Jerman menduduki peringkat lima FIFA (1274 poin) dan Turki cuma 20 (877 poin). Tetapi dua tim yang dikalahkan Turki juga punya peringkat lebih baik, yaitu Republik Ceko (peringkat 6) dan Kroasia (15).

Pada semifinal nanti, Turki akan kehilangan beberapa pemain pilarnya. Sementara Jerman lebih fresh dan lebih bersemangat. Jadi bagaimana bisa Turki saya unggulkan? Sederhana saja, alasannya nggak rasional: biar juaranya nggak yang itu-itu saja. Beri kesempatan dong sama yang lain.

Belanda vs Rusia
Pertandingan nanti malam, antara Belanda melawan Rusia adalah pertandingan dua kompeni: Marco van Basten melawan Guus Hiddink. Guus pernah membawa Belanda ke semifinal di Piala Dunia 1998 sebelum dihentikan Brasil, mengantarkan Korea Selatan juara ketiga Piala Dunia 2002 setelah melewati Spanyol dan Italia, serta membawa Australia ke perdelapan final di Piala Dunia 2006.

Sementara pencapaian terbaik Belanda di Piala Eropa adalah juara di tahun 1988 (mengalahkan Uni Soviet 2:0 di Jerman Barat). Prestasi Rusia/Uni Soviet lebih baik, mereka juara di tahun 1960 (mengalahkan Yugoslavia 2:1 di Prancis), dan runner up tiga kali di tahun 1964 (dikalahkan Spanyol 1:2 di Spanyol), tahun 1972 (dikalahkan Jerman Barat 0:3 di Belgia) dan tahun 1988. Belanda menduduki peringkat 10 (1111 poin) FIFA di bulan Juni 2008 dan Rusia 24 (846 poin).

Saya menjagokan Rusia. Meski dihajar 1:4 oleh Spanyol, Rusia bangkit dan mengalahkan Yunani (1:0) dan Swedia (2:0). Selisih gol keduanya juga jauh, Belanda 9:1, Rusia 4:4. Para pemain Rusia juga masih dibawah Belanda. Jadi apa yang mau diandalkan?

Sederhana saja, semua juara grup akan kalah di perempat final. Portugal tumbang, Kroasia tewas, entar disusul Belanda dan terakhir Spanyol akan dikandaskan Italia. Italia bertemu Rusia, dan Rusia menang. Rusia akan jumpa Turki di final!

Dan juaranya…Turki aja deh. Cukup selisih satu gol, 1:0, 2:1 atau 3:2.

Kalau ramalan ini salah? Yaahh..namanya juga ramalan, salahnya 90%! He he he …๐Ÿ™‚

PS: gambar dari sini.


5 Komentar

  1. darwito puskesmas malinau kota mengatakan:

    betul betul saya pun juga begitu ,menurut analisa saya Turki pantas diunggulkan semangat juangnya yang buat aku terheran – heran saya pikir TURKI vs RUSIA pantas di final nanti , saya ini pecandu bola sejak kelas V SD dan sya pun petaruh sejati ,selama saya pegang TURKI dan RUSIA stok tabungan saya bertambah lumayan .Rusia akan menunjukkan permainan total football ala belanda dan turki akan menun jukkan pola pertahan dengan serangan baliknya dan umpan2 panjangnya .saya rasa waktu 2x 45 menit akan tercipta 3 gol 2 untuk TURKI dan 1 untuk RUSIA nah kita lihat perjalanan kedua kesebalasan negara tersebut
    * TURKI.
    vs REP CEKO 3 – 2
    vs CROASIA 4 – 2
    vs JERMAN 2 – 1 ( prediksi saya )

    * RUSIA
    vs SWEDIA 2 – 0
    vs BELANDA 3 – 1
    vs SPANYOL 1 – 0 ( prediksi saya )

    Final TURKI vs RUSIA ?
    1x 45 menit 0 – 0
    2x 45 menit 2 – 2
    2x 15 menit 2 – 2
    penalti/tos tosan……… 4 – 2 untuk TURKI ……….

  2. darwito farmasi staf puskesmas malinau kota KALTIM mengatakan:

    BURSA DI MALINAU peremapat final
    a, JERMAN vs TURKI —-( 0 – 1 1/4 )
    pesan buat petaruh :
    di partai ini jangan sekali kali
    kali pegang JERMAN ingat partai
    partai lalu BELANDA,KROASI. SWEDIA . PRANCIS semua petaruh pegang semua
    tapi hasilnya apa?
    b, SPANYOL vs RUSIA —-( 0 – 3/4 )
    pesan buat petaruh :
    di partai ini coba anda pegang
    RUSIA .untuk petaruh 2 x 45 menit
    skor SERI/IMBANG anda yg pegang
    RUSIA pasti menang dan untuk
    selanjutnya terserah anda.

    ingat ingat ” BERANI ANDA BERBUAT HARUS BERANI ANDA MENERIMA RESIKONYA ” dan ” SEORANG PETARUH SEJATI TIDAK AKAN MENYESAL APA YANG PERNAH DI PERBUATNYA APAPUN RESIKONYA” salam olahraga selamat mencoba…………………………….

  3. wennyaulia mengatakan:

    setuju…setuju…
    expect emotion begitu
    tapi melihat turki yg sudah tercerai berai karena cedera dan kartu..apa masih bisa ngalahin jerman ya๐Ÿ™„

    btw, lam knal๐Ÿ™‚

  4. syahrizalpulungan mengatakan:

    yakin bisa turki masih punya semangat kok…ayo dukung turki

  5. aduh meleset gua punya jagoan malam ini untuk spanyol vs rusia jika rusia di por 3/4 pegang rusia .2×45 menit hasil seri menurut analisa saya.malam ini saya juga pegang rusia .balas demdam atas kekalahan kemarin .inga inga inga ada guss hiddink lo……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,543 Kepala

Ziddu

Juni 2008
M S S R K J S
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d blogger menyukai ini: