Beranda » Euro 2008 » Hiks Hiks Hiks Turki Kalah!

Hiks Hiks Hiks Turki Kalah!

Meski gagal melewati Jerman di semifinal, Turki tetap tim pilihan saya! Mereka mendominasi sepanjang babak pertama, melahirkan gol lebih dulu di menit 22 lewat Ugur Boral, disamakan 4 menit kemudian oleh Bastian Schweinsteiger, agak kedodoran di babak kedua, tertinggal 1:2 oleh gol Klose, Semih Senturk berhasil menyamakan 2:2 dan akhirnya Lahm membungkam pasukan Fetih Terim di menit 90. Sebetulnya ada satu peluang terakhir di injury time, tapi bola gagal menaklukkan Jens Lehmann. Turki kalah 2:3 dan harus angkat koper.

Berbeda dengan pertandingan sebelumnya, kali ini Turki turun dengan “kekuatan terakhir”. Membawa 23 anggota, satu per satu cedera dan kena kartu, dan di pertandingan tadi malam 9 orang tidak bisa dimainkan, tinggal 14 tersisa. Tapi ingat, Turki berasal dari kata turk dan iye, turk artinya kuat. Tanpa kekuatan inti mereka tetap bermain menyerang, mendominasi, mengejar bola sampai garis, merebut bola dari musuh, tidak gentar nama besar lawan (yang sudah lima kali semifinal di Piala Eropa) dan baru betul-betul berhenti ketika wasit meniup peluit panjang. Betul-betul perjuangan yang hebat, sungguh-sungguh pasukan berani berperang dengan taktik, semangat, dan kemampuan teknis yang matang.

Dengan demikian skor pertandingan sepanjang sejarah sejak tahun 1951 masih dipegang Jerman. Mereka berhadapan 18 kali, 12 kali dimenangkan Jerman, Turki menang 3 kali, sisanya imbang. Namun dalam empat kali pertemuan terakhir, baru kali ini Jerman menang, Turki menang dua kali dan satu kali seri. Selisih gol juga masih buat Jerman, yaitu 42:13.

Meski kalah, Turki tetap mengukir prestasi. Bari kali ini mereka masuk ke semifinal Euro, setelah sebelumnya di perempatfinal Euro 2000 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2002.

Dengan melihat performa dan semangat juang yang ada, saya yakin Turki bisa bicara banyak untuk turnamen selanjutnya, Piala Dunia 2010. Dengan catatan: pertahankan Fetih Terim!


1 Komentar

  1. torasham mengatakan:

    turki emang hebat yaah…..
    sayang jerman punya mental juara dan tradisi juara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,543 Kepala

Ziddu

Juni 2008
M S S R K J S
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d blogger menyukai ini: