Beranda » ga penting » Suku Dani Pake Laptop: Rekayasa atau Sungguhan?

Suku Dani Pake Laptop: Rekayasa atau Sungguhan?

Gambar dibawah ini memperlihatkan suku Dani Papua sedang bermain laptop.
Suku Dani sedang ngoprek laptop
Pertanyaannya:
Apakah gambar ini betul-betul sungguh atau rekayasa belaka?
Bila sungguhan, sedang membuka apa mereka? Maen game, ngetik pake openoffice, chating, atau lagi ngeblog?
Kalau rekayasa, apa yang sebetulnya mereka perhatikan? Binatang langka, koteka terbaru, atau buah merah?

Gambar aslinya dari sini.


23 Komentar

  1. Wulansari mengatakan:

    Jelas rekayasa! Mana bisa mereka pake laptop? Paling kerjaannya Sony untuk cari popularitas!

  2. dedi mengatakan:

    ah..
    emang paling cuma rekyasa,klo beneran ngecargenya pake apa

  3. sars_darkness mengatakan:

    yah…kalau orang masih normal ini mah ngliatnya jelas2 di rekayasa………………………

  4. noey'z mengatakan:

    menurut saya itu hasil rekayasa

  5. noey'z mengatakan:

    menurut saya itu hasil rekayasa itu hanya akal-akalan sony saja untuk mempromosikan laptop terbarunya

  6. ajus mengatakan:

    yang pasti nya tuh ya,iya beneran lah kan dah tahun 20098,yang gak percaya KUNO woi

  7. reni mengatakan:

    ya emang bener lah kalo ga ada listrik kan bisa standby namanya jg cuma photo kalo laptopnya mati yg penting dipoto dulu biar dunia melihat

  8. hany moniaga mengatakan:

    Saya tidak tau foto tersebut dibuat oleh siapa, tapi ketika saya berkunjung ke desa Jiwika, Pak Yali menunjukkan Foto tersebut kepada saya, dan saya hanya tertawa saja. Kemudian Pak Yali masuk ke Honai (rumah suku orang dani) untuk mengambil Laptop dan menunjukkan kepada saya. saya sangat terkejut dan hampir tidak percaya…!!!??? dengan tangkas Pak yali menunjukkan keahliannya kepada saya. Mereka sama sekali tidak ketinggalan zaman, temen2 pasti tidak tau kalau mereka punya account facebook. mereka mengenal facebook pertama kali pada bulan Januari 2008 di jepang. Pak Yali (kepala suku, red.) pernah berkunjung ke jepang 2 kali, pada thn 2002 dan Januari 2008 (dibikinkan account FB dan di hadiahi sebuah laptop oleh pihak yang mengundang). Sepulang dari jepang, Pak yali sudah lihai ber cahtting ria dan dan upload foto2 sendiri. dan jangan heran, kalau pak Yali juga punya Blackberry. Pak Yali sangat rajin men’charge battre ke kota, kadang menyuruh Ordes (anak kesayangan) untuk ke Wamena hanya sekedar men’charge battre. Terakir kali saya ke suku Dani pada bulan juni 2008, Pak yali masih berkomunikasi dengan pihak Kebudayaan Jepang via Facebook. (di desa pak Yali hanya ada signal telkomsel). saya pernah mengantar Pak Yali ke Bank Mandiri di wamena, dan saya di mintaiin tolong Pak Yali untuk menuliskankan Formulir setoran, secara tidak sengaja saya melihat jumlah saldo yang ada di buku tabungan, dan saya sangat terperanjat ketika melihat jumlah saldo pak Yali, sejumlah angka yang sangat Fantastik Rp. 1.871.XXX,00 (hampir 2M). sekedar itu saja yang saya tau cerita di balik keterbelakagan suku dani yang tidak banyak diketauhi banyak orang. (Jiwika, Kurulu, Lembah Baliyem, Wamena, Papua).

  9. Anggia Budiarti mengatakan:

    Menurut saya foto itu bukan rekayasa, sy setuju dengan pendapat Hany.
    Buat teman-teman yang melihat situs ini. perlu diketahui bahwa saudara kita di Lembah Baliyem sana tidak ketinggalan seperti yang Anda perkirakan.
    Sebagai Saudara kita yang jauh dipedalaman, saya salut dengan semangatnya yang ingin bersekolah.
    Mereka sanggup berjalan puluhan kilo hanya untuk bersekolah ke kota. Mereka sanggup hidup sengsara hanya untuk mendapat pendidikan di kota, tanpa biaya dari orang tuanya. Luar biasa….
    Saya merasa miris bila ada saudara saya yang mentertawakan kesederhanaan hidup mereka. Saudaraku Anda tidak tahu, dibalik kesederhanaannya ada jiwa yang besar.

  10. ikhsan mengatakan:

    Bisa saja memang mereka menggunakan laptop, sekarang apa sih yang nggak bisa? Soal charge: mana tahu kita tentang kehidupan mereka?

  11. riezna mengatakan:

    saya rasa sudah saatnya tekhnologi masuk ke pedalaman-pedalaman seperti suku dani tersebut….

  12. sherlly mengatakan:

    ya………………..
    hanya rekayasa mana mungkin itu dapat terjadi apalagi itu kampung mungkin di kota wamena boleh

  13. Rinnegan shinobi mengatakan:

    Kalian terkejut dengan adanya laptop di Suku Dani ?? kalian terkejut ada orang suku dani yang mengenal tekhnologi ?? kalian tidak percaya akan semua itu ?? betapa bodohnya kalian bila tidak mempercayainya.. Tuhan memberikan kepintaran bukan hanya untuk kalian orang2 yang tinggal di kota yang diiringi dengan perkembangan yang semakin maju !! bilamana mereka (orang2 suku dani) memiliki fasilitas seperti yang ada di kota kalian niscaya kepintaran mereka akan melebihi kalian !! tau kenapa ?? karena mereka terlahir dari jiwa yang sederhana, mereka terbiasa sengsara, mereka terbiasa berjuang dengan kemampuanya untuk bertahan hidup,, berbeda dengan kalian yang bergantung terhadap orang tua semasa kecil.., mereka memiliki tekad namun tidak memiliki fasilitas, itu hambatan mereka.. kalian memiliki fasilitas namun menyianyiakanya…, Huuuuft…,

  14. alcapone mengatakan:

    ini foto asli, gw prnah tugas dsana waktu krja d MSF(medicine sans frontier) dan itu memang benar ada’a, mgkin tidak smua kalangan disana yg bs, tp yg jelas memang bukti nyata brur, intinya kita yg hidup serba kecukupan baik fasilitas, materi, ilmu pengetahuan yg seliweran dikota, apa salah’a kt mangambil suatu iktibar dr semangat mereka untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan proses modernisasi.

  15. jance wacanno mengatakan:

    woi………! jangan ribut masalah asli atau palsu foto itu, kalo mau tau yang seebeenarnya; foto itu asli kareena pacee yang peegang laptop di foto itu adalah saya seendiri jadi kamorang jangan ribut deengan foto itu

    coment by
    pecee yang di foto

    • jance wacanno mengatakan:

      hahahaha,,,,,,! sobat, saya senang dengan semua pendapat yg ada di forum ini cuma satu hal kalo saya bisa memberi komentar; apa yang terjadi di foto itu bisa saja nyata karena banyak hal yang terjadi di papua khususnya didaerah pedalaman yang kita tidak tau contonya ketika saya kecil dulu saya pernah bertemu dengan beberapa team orang barat dan mereka membawa peralatan elektronik canggih dan melakukan kegiatan foto bersama warga pedalaman, jadi bisa saja foto itu benar keberadaannya.

  16. ifha mengatakan:

    z stuju dgn pndapat jance..bkn brarti foto ini mnyatakan bahwa mereka sdang mnggunakan laptop,kan??
    bs sj mereka hx mlihat2 krn trsanjung dgn alat canggih seperti itu…

  17. BOSTAQUE mengatakan:

    Foto tersebut betul…….jangan kate laptop sony vaio yg harganya 20 jeti-an……bengsin aja yg harga nya 50 rebong seliter aja dia mampu beli…..gag pake teriak-teriak lagee….minta subsidi di ilangin….gag kayak orang kota…..yg harga naek dikit dah pada demo…..harga-harga di wamena selangit mereka gag pada teriak-teriak…macem LSM yg kek jual obat kaki lima pake TOA…..wuakakaka……..

  18. helda.tabuni mengatakan:

    hmhmhm setuju tu dengan pendapat tmn-tmn smua,,,,,,,,,tp klu mo bilang,,, saya bangga skali dgn sodara2 kami,yg tdkk maw ketinggalan ,mauu berjuang….tanpa melihat latar blakang dari berbagai sisi,, bravo wamena,umauma love full

  19. adikha mengatakan:

    sekedar pengetahuan…
    banyak orang asing yg hidup dengan suku dani dan ketika saya mengerjakan proyek pengadaan panel surya untuk masyarakat pulau gili gede lombok, nusa tenggara barat pengawas proyek berasal dari australia dan beliau bilang baru selesai pengerjaan untuk daerah pedalaman irian jaya. menurut saya listrik bukan masalah. apa lagi klo bantuan dari luar negeri langsung barangnya cukup canggih. kecuali lewat pemerintah biasanya disunat dulu

  20. Danang agung m mengatakan:

    Jangan memandang rendah suku pedalaman. Banyak dari mereka yang sukses dan mampu mengembangkan daerahnya. Tidak heran kalau Papua ingin merdeka, karena mereka tidak di anggap sebagai orang yang mampu dan sanggup untuk maju oleh sesama Bangsa Indonesia……………………………….

  21. Akuserareta mengatakan:

    Anjing/(serigala?) nya keren!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,688 Kepala

Ziddu

Juni 2008
M S S R K J S
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d blogger menyukai ini: