Beranda » Opini » Emangnya Kenapa Kalo Zaskia Adya Mecca Merokok?

Emangnya Kenapa Kalo Zaskia Adya Mecca Merokok?

Seminggu ini gambar Zaskia Adya Mecca yang sedang asyik merokok ditemani dua pria – mungkin Hanung Bramantyo dan Baim Wong – ramai beredar di internet dan diperbincangkan banyak orang. Saia sih agak males ngomentarin, tapi kok tangan ini gatel kalo ga nulis barang selarik dua larik sekadar urun rembug yang ga mutu.

Jadi, apa salahnya kalo si cantik pemeran Sarah di Kiamat Sudah Dekat ini merokok? Kalo ga ada yang merasa rokoknya dicuri dan dua pria yang mendampinginya enjoy aja, yahh…liat aja gambarnya sebentar lalu lupakan. Dia adalah satu dari sekian ratus juta perempuan yang merokok dan apakah kita sewot setiap kali ada perempuan yang merokok? Meski kita kenal dia?

Mungkin ada yang ga rela melihat dia merokok karena mereka lupa melepaskan “Sarah” dari Zaskia. Dua orang itu “berbeda”. Sarah adalah “imajinasi”, Sarah “ga boleh cacat” karena dia adalah panutan. Dia boleh punya masalah tapi harus bisa mengatasi, boleh punya problem tapi ga boleh “lari”, boleh punya “pacar” tapi yang “Islami” dan bolehlah stress sedikit-sedikit tapi jangan sampai lari ke rokok apalagi minuman keras dan narkoba. Kalo sampai terjadi, pasti sinetronnya ga laku dan penulis skenarionya sudah sableng (didahului Deddy Mizwar yang oon).

Sedangkan Zaskia adalah nyata, real, berdarah, berdaging, bermimpi, punya keinginan dan dosa. Dia “boleh” merokok dengan risiko yang akan ditanggung sendiri: lambung keropos, kena bronkhitis kronis, kena kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dan bahaya lain rokok bagi perempuan atau bahkan termasuk dalam daftar 1174 orang yang mati tiap hari karena rokok. Risiko pekerjaan, mungkin dikritik sana sini atau ditinggalkan fansnya. Atau bahkan sebalikny: bisa jadi lebih banyak jobnya…toh artiskan harus serba bisa? Ga cuma ngandelin citra perempuan baik-baik saja?

“Masalah” Zaskia merokok jauh lebih kecil dibandingkan fakta bahwa banyak sekali para kiai, pengasuh pesantren dan orang-orang yang “ngerti agama” yang seenak udelnya merokok tanpa merasa berdosa sama sekali. Mereka merokok di sela-sela pengajian, ketika “memberi petuah”, ketika jagong, di tempat-tempat umum, bahkan mungkin di tempat yang ada tulisan dilarang merokok. Mereka panutan umat yang real, nyata, tetapi melakukan tindakan yang saat ini dianggap biasa, padahal ruarrr biasa dosanya. Mereka berlipat-lipat dosanya dibandingkan dengan Zaskia atau orang biasa lainnya. Tetapi, sungguh anehnya, mereka sama sekali tidak merasa berdosa, dengan dalih usang “rokok tidak ada hukumnya di jaman Nabi, karena memang belum ada“. Jadilah, mereka bikin fatwa-fatwa seenak udelnya tentang rokok.

Maafkan saia yang awam masalah agama, tapi saya yakin paling rendah hukum rokok adalah makruh sampai haram. Kalau dipersentase, makruhnya 1% dan haramnya 99%!

Para kiai perokok inilah problem terbesar masalah rokok, sama sekali bukan Zaskia atau artis “alim” lainnya, bukan pula menteri atau pejabat publik. Bila para pemuka agama berani meninggalkan rokok, sudah pasti kampanye anti rokok akan terbuka dengan lebar dan lancar. (Jadi ingat puisinya Taufiq Ismail, “Tuhan Sembilan Senti” yang lugas mengritik para kiai ini).

Jadi, “biarkan” Zaskia merokok. Ada ribuan mungkin jutaan tokoh agama yang merokok. Ini PR kita sebenarnya.


12 Komentar

  1. indra1082 mengatakan:

    Masing2 Gayanya

  2. arshintadewi mengatakan:

    Kenapa yah perokok tidak mencintai dirinya sendiri? tidak perduli dan bertanggungjawab atas perilakunya sendiri?

  3. winda mengatakan:

    astaghfirullah…
    mengapa akhwat sealim itu rela merusak diri dengan rokok?
    semoga Allah mengampuni dan memberikan kesadaran kepada saudara kita..
    amiin!!

  4. Just Say mengatakan:

    Wah.. tulisan ini membuka hati saya untuk tidak berpandangan sempit. Mksh kak..!

  5. zoel mengatakan:

    cukup arif postingannya

  6. arifrahmanlubis mengatakan:

    Salam.

    Numpang pengumumanđŸ™‚

    Download ebook pemikiran Islam, pemikiran umum, biogafi tokoh, Fiqih, Al Quran, Hadist, Novel, Bahasa Arab, Pernikahan dan keluarga Islami di

    http://arifrahmanlubis.wordpress.com/38/

    Hatur nuhun.

  7. cah bagus mengatakan:

    pandangan yg lumayan bagus.tp hukum mana tuh 1% makruh 99% haram?kok aku baru denger…

  8. chantiQ mengatakan:

    Menurut aq sih.. yang namnya rokok tuh ya banyak mudharat dari manfaatnya..

    coba deh dipikrn apa coba manfaat rokok ???

    Tapi buat orang yang tinggal di hutan belantara terbelakang dan di keroyok nyamuk, mungkin asep rokok bsa bantu jadi obat nyamuk…

    ^_^

    Tentang zaskia… Terserah dia deh.. hidupnya kan tanggung jawab dia sendiri,,,

  9. diko mengatakan:

    bukannya tidak masalah
    tapi zaskia kan publik figur nasional (artis gitu). lha dengan keartisannya itu pabrik rokok dapat iklan gratis.

    emank mau adiknya, saudaranya, atau anaknya entar yang penggemar si Zaskia (mungkin) jadi perokok aktif gara-gara Zaskia?

    dosa kok di persentasekan. namanya dosa ya dosa walaupun cuman 1% (menurut anda)
    BTW. terimakasih forumnya.

    berikan udara bersih bagi yang menginginkan

  10. yanti/ mama Aini mengatakan:

    Betul sahabat.. hidup memang penuh dengan pilihan. Semua orang punya hak untuk memilih, melaksanakan sekaligus bertanggungjawab atas pilihannya.. Kita??? punya kewajiban untuk mengingatkan.. jadi.. kalau gak sanggup mengingatkan para ulama (karena rumahnya jaaaauuuuhhh misalnya) atau zaskia (karena cuman lihat diTV.. jadinya gak denger biar diteriakin setinggi langit)… ya.. paling tidak saudara dekat, tetangga, teman dsbnya… semampu kita.. sebisa kita.. asalkan teta terus berjuang… insya Allah

  11. joko mengatakan:

    justru dgn merokok Zaskia tambah kelihatan seksi..

  12. faqih mengatakan:

    klo memang mrasa awam,,ywdh gk sah bhas2 soal rokok,.tar da yg ng’hujah dri sgla pan (segi ilmu),bisa ente ngbahas.a.
    mmang rokok gk baik,tpi gk swma ulama mengharamkan’a…klo mank ente pngen ngmbil pndapat yg ngharamin,ywdh ente gk sah ngroko smpai mati skali pun.jgn bwa2 citra kiai.,.
    #sorry klo ane nyrobot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,543 Kepala

Ziddu

Juli 2008
M S S R K J S
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: