Beranda » Opini » Hari Tanpa Televisi Pada 20 Juli

Hari Tanpa Televisi Pada 20 Juli

Sehari tanpa televisi? Mmmh…berani! Ga nyalain televisi ga patheken! (inget kosakata ini khan? Nih clue-nya: ga jadi presiden ga patheken!) Televisi yang mengklaim diri sebagai media informasi, hiburan dan edukasi nyata-nyata ga seimbang. Sisi hiburannya lebih banyak, disusul informasi, baru edukasi.

Televisi berkembang menjadi industri yang menggurita beberapa dekade ini. Di Indonesia, sejak matinya era monopoli televisi pemerintah di awal 1990-an, industri ini menyihir masyarakat melebihi digdayanya David Copperfield atau JK Rowling. Anak-anak sebagai korban paling merisaukan, telah menghabiskan 1.600 jam per tahun di depan televisi, padahal mereka cuma 740 jam di sekolah. Alhasil, televisi menggantikan peran orang tua, guru dan teman.


Sayangnya tidak semua acara bermanfaat. Tiga kata yang diingat para pengelola adalah: LABA, LABA dan LABA. Persetan dengan isinya, persetan dengan dampaknya, persetan orisinil ga nya. Asal ada acara yang ratingnya tinggi, berbondong-bondong mereka menayangkan. Jadinya menggelikan: semua infotainment serupa beritanya, semua sinetron mirip alur cerita dan kisahnya, semua kuis itu-itu saja, semua-muanya yang membedakan cuma logo perusahaan mereka.

Memang, tidak semua acara berbahaya. Namun yang sedikit itu, bisa dicari alternatifnya. Soal informasi, bisa didapat dari koran, radio atau internet. Soal hiburan, sono gih maen ama temen-temen, maen lumpur kek, bak sodor kek. Soal pendidikan, yah, apalagi, emang ada di televisi?

Tahun ini tahun ketiga Kidia, Kritis Media untuk Anak menggagas hari tanpa televisi. Sebelumnya pada 23 Juli 2006, 22 Juli 2007 dan kali ini 20 Juli 2008. Acara alternatifnya bisa digagas sendiri, baik di rumah atau di luar rumah. Di rumah bisa bersih-bersih kamar, rumah, kebun, dll. Di luar rumah lebih banyak lagi, bermain ama temen, pesiar ke pantai atau taman, dll.

Pertanyaannya: mengapa cuma sehari? Juga acara lainnya: sehari tanpa tembakau, sehari ga pake mobil, sehari ga pake hape (ada yang mau ngusulin?). Coba kalo dibalik: sehari bersama televisi. Artinya silakan sehari itu nonton televisi 24 jam, 364 hari lainnya ga boleh nonton! Atau: sehari bersama tembakau, sehari itu silakan ngerokok berpak-pak ampe mampus, dan 364 hari lainnya ga boleh merokok! Atau: sehari pake mobil, sehari itu silakan keliling dunia pake mobil, 364 hari lainnya harus pake sepeda atau jalan kaki!

Bagaimana, berani?


6 Komentar

  1. katie4zee mengatakan:

    makasih udah mampir.
    hehehe.

    gimana yah,
    cerdas cermat gitu khan ratingnya kurang,
    bahkan digital LG prima aja gagg dilirik lagi.
    belum lagi isi pertanyaan kuis jaman sekarang,
    ya ampunnn…
    mendidik bangsa jadi bodoh.

    ingett bangedd deh pertanyaan kuis dulu tuh,
    misalnya…
    “siapa yang nemuin televisii?”
    lalu kita semua akan tergoda untuk nyari.

    sekarang pertanyaannya,
    “benda kotak, ada gambar, banyak hiburannya, apa lagi kalo pake astro, apa tuh?”
    wkwkwk…

    lalu kita semua menghapus kosa kata ensiklopedia.

  2. creativesimo mengatakan:

    silakan sehari itu nonton televisi 24 jam, 364 hari lainnya ga boleh nonton! Atau: sehari bersama tembakau, sehari itu silakan ngerokok berpak-pak ampe mampus, dan 364 hari lainnya ga boleh merokok


    Setuju yang ini!!!

  3. creativesimo mengatakan:

    KECUALI NONTON BOLA!!!

  4. sofianblue mengatakan:

    gimana kalo nggak usah nonton TV sekalian?
    mumpung dikosan nggak ada TV neh?

  5. djunaedird mengatakan:

    Mematian televisi seharian pada tanggal 20 Juli bakal berhasil manakala PLN mematikan listriknya secara nasional.­čśŤ

  6. Bukan sehari bersama TV, tapi sehari bersama sh*tnetron. Jadi selama sisa tahun, kita nggak lihat sh*tnetron yang merusak itu.­čśŤ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,688 Kepala

Ziddu

Juli 2008
M S S R K J S
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: