Beranda » Opini » Situs ArRahmah.com: Antara Detikinet dan News Okezone

Situs ArRahmah.com: Antara Detikinet dan News Okezone

Masih sibuk ngomongin Amrozi cs? Sudahlah, yang sudah meninggal ga usah diributin lagi. Yang sudah meninggal sudah putus amalnya. Apakah mereka bertiga tergolong mati syahid atau tidak? Wallahu a’lam. Apakah mereka bertiga masuk surga? Wallahu a’lam. Itu bukan urusan kita.

Tapi masih ada beberapa cerita tersisa dibalik eksekusi tiga terpidana mati Bom Bali tersebut, saya ambil satu contoh saja adalah meledaknya hits kunjungan situs ArRahmah.com. Sekadar info awal, inilah situs yang menampilkan foto jenazah Imam Samudera close up kepalanya terbungkus kain kafan dan sedang menoleh ke kanan. Situs ini juga menampilkan kesaksian keluarga Imam Samudera yang melihat tiga burung hitam melayang-layang di seputar desa mereka sewaktu prosesi pemakamam Imam. Berita-berita lainnya seputar Imam Samudera cs bernada mendukung “perjuangan” mereka. Situs tersebut akhirnya jebol setelah overload menerima kunjungan banyak orang.

Namun yang menarik adalah berita tentang situs ArRahmah.com dari Detikinet dan News Okezone. Ada perbedaan menarik dari keduanya:

1. Detikinet tidak berani menampilkan foto jenazah Imam Samudera. Ia hanya menampilkan ketiga terpidana mati ketika masih hidup. Screenshot situs ArRahmah juga hanya atasnya yang keliatan, tengah ke bawah nggak keliatan.

Sedangkan News Okezone berani menampilkan foto close up tersebut, hanya saja wajahnya disamarkan (blur) dan fotonya kecil, tidak sebesar foto aslinya.


2. Detikinet menguber pemilik ArRahmah dan letak servernya. Penelusuran mereka mendapatkan bahwa:

Server situs penampil foto Imam Samudra berkafan agaknya berlokasi di New York. Nama domainnya dibeli dari penyedia asal Indonesia.

Informasi dari piranti lunak Tracert yang dilakukan detikINET, Senin (10/11/2008) mengarahkan domain Arrahmah.com pada alamat Internet Protocols (IP) 67.228.80.218. Jika ditelusuri, alamat itu merujuk pada lokasi di New York, Amerika Serikat.

Nama domain tersebut tercatat telah terdaftar sejak 14 Agustus 2005 melalui penyedia layanan ImediaBiz.com. ImediaBiz merupakan penyedia layanan pembelian nama domain dan webhosting asal Indonesia.

ImediaBiz memang menyediakan server yang berlokasi di Indonesia dan di Amerika Serikat. Tercatat ada 1.663 domain lain yang menggunakan nameserver yang sama dengan Arrahmah.com.

Sedangkan untuk server yang digunakan Arrahmah.com, menurut data DomainTools, merupakan milik SoftLayer Technologies Inc di Amerika Serikat. SoftLayer adalah perusahaan asal Dallas, Amerika Serikat, yang menyewakan server untuk keperluan hosting.

Sedangkan tentang Pemilik ArRahmah Detikinet menulis:

Pada Senin (10/11/2008), detikINET menerima informasi mengenai situs Arrahmah.com yang menampilkan foto close-up wajah Imam Samudera dalam kondisi dikafani. Penelusuran pada database Whois menunjukkan nama pemilik situs itu disembunyikan lewat layanan ContactPrivacy.org.

Namun jika ditelusuri lebih lanjut, muncul sebuah alamat e-mail yang terkait situs itu. Alamat e-mail itu pun bisa dikaitkan dengan sebuah profil di situs pertemanan Friendster.

Adalah Daniel Shah yang namanya kemudian terkait dengan alamat e-mail di situs Arrahmah.com. Belum pasti apakah benar Daniel pengelola situs tersebut atau sekadar alamat e-mailnya yang digunakan.

Sedangkan News Okezone menulis:

Pengelola situs arrahmah membantah pemasangan foto jenazah Imam Samudra akan melukai perasaan keluarga, terutama anak dan istri pelaku Bom Bali I tersebut.

“Tentu perlu tabayun (klarifikasi) kepada keluarga. Apakah memang mereka terluka atau tidak. Mereka malah bangga dan senang dengan pemasangan foto ini,” kata pimpinan redaksi arrahmah.com Muhammad Fahri kepada okezone di Jakarta, Selasa (11/11/2008).

Fahri menjelaskan, sejauh ini keluarga lah yang menyerahkan foto tersebut kepada pihaknya untuk dipasang. Keluarga juga ingin menunjukkan bahwa, inilah bukti manusia yang insya allah mati dalam keadaan syahid.

Menurut Fahri, apa yang dilakukan arrahmah merupakan penghormatan terhadap keteguhan sikap Imam Samudra selama ini, bukan untuk melukai perasaan keluarga.

Sebelumnya, arrahmah memasang foto jenazah Imam Samudra Minggu 9 November, beberapa saat setelah Imam Samudra dimakamkan. Menurut keluarga, foto Imam Samudra tampak tersenyum kecil.

Sedangkan mengenai masa depan ArRahmah News Okezone menulis:

Setelah menampilkan foto jenazah Imam Samudra, pengelola arrahmah.com berencana akan memasang foto jenazah dua pelaku Bom Bali I lainnya yaitu Amrozi dan Ali Gufron alias Muklas. Rencananya pemasangan ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

Hal tersebut diungkapkan pemimpin redaksi arrahmah.com Muhammad Fahri kepada okezone di Jakarta, Selasa (11/11/2008).

Fahri mengungkapkan, keluarga Amrozi dan Muklas di Lamongan sudah mengirimkan beberapa foto jenazah keduanya, untuk dimuat di arrahmah.com. “Mereka juga mengambil foto jenazah keduanya, sebelum dimakamkan,” ungkapnya.

Namun, hal tersebut baru akan dilakukan setelah server situs tersebut kembali pulih seperti semula.

Kesimpulannya jelas:
Sewaktu Detikinet sibuk mencari pemilik ArRahmah, News Okezone sudah mewawancarainya!

3. Hingga detik ini, Selasa 11-11-2008 jam 20.00 WIB, situs ArRahmah belum pulih seperti sediakala. Kalau Anda buka, hanya terpampang press release berupa gambar yang mengatakan, bahwa pemuatan foto jenazah Imam Samudera sudah seizin keluarga, bahwa situs mereka overload bukannya dihack dan ArRahmah.com adalah bagian dari ArRahmah Media Network yakni sebuah media penyampai berita-berita jihad dan dunia Islam yang profesional. ArRahmah media tidak memiliki kaitan dengan organisasi, jamaah atau gerakan manapun. ArRahmah media sebagai media berita Islam yang independent berkewajiban menyampaikan berita secara berimbang tanpa meninggalkan ciri jurnalistik investigatifnya.

Penasaran, berapa sih PageRank ArRahmah hingga menimbulkan kehebohan? Ternyata cuma 3! Sama dengan PageRank blog ini. Sedangkan News Okezone 5 dan Detikinet 6. Ini screenshotnya.

prcahayasura

prarrahmah

Sumber-sumber:
http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/11/1/162766/arrahmah-bantah-lukai-perasaan-anak-imam-samudra/arrahmah-bantah-lukai-perasaan-anak-imam-samudra
http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/11/1/162748/arrahmah-juga-akan-pasang-foto-jenazah-amrozi-muklas/arrahmah-juga-akan-pasang-foto-jenazah-amrozi-muklas
http://www.detikinet.com/read/2008/11/10/143830/1034347/398/umbar-foto-imam-samudra-arrahmah-punya-siapa
http://www.detikinet.com/read/2008/11/10/174731/1034576/398/server-arrahmah-di-new-york
http://arrahmah.com/


4 Komentar

  1. Yeptirani mengatakan:

    Berat ya bahasannya ^_^
    Yasudahlah. yang meninggal biarlah mengurus dirinya sendiri, gak usah direcokin lagi..

  2. Ibit mengatakan:

    Saya juga dari dulu nge-rasa kalau detiknet emang kurang Profesional. >,<

  3. dija mengatakan:

    numpang lewat…
    Detik tambah lama memang tambah gak beres. Berita jelek, penulisan asal, sumber berita asal comot/terjemah dari sumber lain, dll. Ibarat kecap, menang nama doang dan tulisan No.1. Padahal soal kualitas… boro2 nomer 1, nomer 2,3 aja belum tentu. wkwkwkw

  4. bintang mengatakan:

    cahayasura alamat emailnya apa? kasih tau biar saya bisa mengajukan pertanyaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,543 Kepala

Ziddu

November 2008
M S S R K J S
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d blogger menyukai ini: