Beranda » motivasi » Menang Itu Mudah

Menang Itu Mudah

Oleh Nurum Mukharum Mawan

Ya, menang itu mudah, kata Tung Desem Waringin, karena saingannya sedikit. Benarkah?

Saia menulis ini sambil dengerin audio motivator nomor satu Indonesia tersebut (siapa nomor duanya ya?), berjudul Life Revolution 24 Days, nomer 1, berjudul Cara Paling Sederhana untuk Menjadi Pemenang dalam Hidup. Ada enam file, total 27 MB ekuivalen dengan 40 menit.

Kita lanjutkan. Prancis misalnya, menjadi juara dunia sepakbola 1998 di Paris “dengan mudah”, karena saingannya sedikit. Timnas ayam jantan tersebut tidak mengalahkan sekitar 200 negara di dunia ini. Mereka hanya bermain tujuh kali di partai final dan akhirnya mengandaskan Brasil di grand final dengan skor 3:0.

Lewis Hamilton, juara dunia Formula 1 2008 ini tidak mengalahkan sekitar 3 miliar lelaki lainnya di seluruh dunia. Juara termuda ini hanya mengalahkan sekitar 20 saingannya di setiap lomba.

Dan terakhir adalah Barack Obama. Pria berdarah Kenya-Amrik ini menjadi pemenang dalam kontes presiden AS meski tidak mengalahkan sekitar 250 juta rakyat AS. Ia hanya mengalahkan Hillary Clinton di konvensi Partai Demokrat dan selanjutnya mengalahkan John McCain dari Partai Republik.

Saia sendiri, alhamdulillah belum pernah menjadi juara dunia, karena tidak pernah ikut lomba. Tapi dulu sewaktu SD, pernah jadi juara 2 lomba azan, lomba wudu, juara 1 lomba menabung dan ranking 1 se-SMP. Yang terakhir ini lumayan, sebab mengalahkan 220 siswa lainnya. Meski tidak bertahan ketika SMA, apalagi ketika kuliah.🙂

Tung bilang: untuk menjadi pemenang, anda harus memutuskan untuk menjadi pemenang. Untuk menjadi pemenang, anda harus ACTION. Ingat, bahwa keputusan kita sekitar 12-45% dipengaruhi oleh pikiran. Bagian terbesarnya, 55-88% dipengaruhi oleh emosi.

Ada tiga level dalam emosi. Pertama, mengubah takut menjadi berani. Kedua, mengubah berani menjadi komitmen. Ketiga, iman.

Untuk menjadi pemenang, ada tiga hal yang harus dilakukan;

  1. Tentukan tujuan yang ingin dicapai dengan jelas. Misalnya: saya harus lulus cumlaude, saya harus mencapai puncak gunung rinjani, saya harus berpenghasilan 100 juta tahun ini, saya harus juara 1 lomba menulis cerita pendek pada majalah ini, dan sebagainya.
  2. Tentukan alasan anda yang benar-benar kuat untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya: saya harus lulus cumlaude karena saya ingin membuat terkesan calon isteri saya yang juga kebetulan adalah dosen pembimbing skripsi saya. Saya ingin mencapai puncak gunung rinjani karena adik saya sudah tiga kali mencapainya. Saya ingin berpenghasilan 100 juta tahun ini karena penghasilan saya tahun lalu sudah 70 juta. Saya ingin menjuarai lomba menulis karena tahun lalu hanya juara 3.
  3. Belajar dari yang terbaik dan melalui cara-cara yang sudah terbukti keberhasilannya. Bila anda ingin lulus cumlaude, bertanyalah yang sudah lulus cumlaude atau summa cumlaude. Tanya bagaimana bisa mereka melakukannya. Lalu modifikasi caranya sesuai kemampuan dan keterbatasan anda. Bila ingin berpenghasilan 100 juta, belajarlah dari para wirausahawan yang pernah mencapainya. Bila ingin menjuarai lomba menulis, tanyalah para juara tahun-tahun sebelumnya.

Pada tujuan-tujuan tersebut, menang menjadi mudah, karena lawannya sedikit bahkan tidak ada. Anda bisa menjadi cumlaude tanpa mengalahkan siapapun. Anda bisa mendaki gunung rinjani tanpa lawan. Anda bisa berpenghasilan 100 juta tanpa musuh.

Yang penting adalah BERTINDAK alias ACTION.

Tugas pertama dari Pak Tung adalah: tuliskan DUA HAL kecil yang selalu anda tunda dan LAKUKAN HARI INI JUGA. Misalnya: menelepon orang yang anda cintai, menemui dan meminta maaf pada orang yang pernah anda sakiti.


1 Komentar

  1. Trasmianto mengatakan:

    pertamaaaax max max max,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,688 Kepala

Ziddu

Desember 2008
M S S R K J S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: