Beranda » catatan kecil » Biaya Kampanye

Biaya Kampanye

Di Simo, daerah kelahiranku, beberapa orang mencalonkan diri sebagai calon legislator. Kalo ga salah semuanya untuk jabatan anggota DPRD Kabupaten Boyolali. Sebelumnya sudah ada dua anggota Dewan, satu dari PAN untuk DPR Jawa Tengah, satu dari PBB untuk DPRD Boyolali. Sekarang keduanya bertarung untuk DPRD II, masih ditambah dari PKB, Partai Demokrat dan Golkar.

Saya bertanya-tanya, berapa dana kampanye untuk memuluskan hasrat mereka? Dari kabar udara, untuk setingkat DPR RI butuh angka ratusan juta sampai miliaran rupiah. Untuk DPR Provinsi setengahnya dan untuk DPR Kabupaten sepertiganya. Ga tau rumusannya bagaimana, tapi diperkirakan 50-150 juta rupiah. Ini angka minimal.

Dana itu untuk kampanye berupa: bikin poster, spanduk, baliho, kaus, bendera, pokoknya atribut partai. Lalu untuk perjalanan alias beli bensin. Lalu untuk menjamu tamu atawa makan-makan plus uang datang. Untuk kas partai. Untuk dana sosial alias pemberian tidak langsung.

Tapi untuk ruang lingkup DPR Kabupaten, wilayah yang harus dijangkau tidak terlalu luas. Boyolali misalnya, terbagi dalam lima daerah pemilihan. Simo termasuk Dapil II, bersama Nogosari, Andong dan Klego. Dari ujung ke ujung sekitar 4 jam naek motor.

Bayangkan bila Anda petinggi partai yang harus melalang buana dari ujung ke ujung Indonesia, 5000 km jauhnya. Berapa biaya yang dibutuhkan? Dan apakah sembodo dengan yang dihasilkan?

Surya Paloh, Ketua Dewan Pembina Golkar misalnya, mengunjungi Mandailing Natal, Sumatera Utara untuk kampanye. Ia menggunakan pesawat jet pribadi bermesin empat. Seluruh biaya, termasuk bayar kru, bahan bakar, akomodasi, dll, total SATU MILIAR RUPIAH. Dan berapa menit ia pidato? 15 MENIT!

Coba gunakan kalkulator dan hitung bisa apa kita dengan uang 1 miliar rupiah:

  • memberi modal bagi seribu pedagang kecil/penjual makanan yang cuma butuh satu juta rupiah

  • membangun satu gedung yang cukup layak dengan tanah sendiri di sebuah kecamatan, lengkap dengan furniture dan kebun, yang bisa untuk bikin panti asuhan, sekolah unggulan atau pusat budaya
  • memperbaiki jalan yang rusak beberapa kilometer
  • membeli 500 PC Pentium IV second yang masih bisa dipake bertahun-tahun, bisa disumbangkan ke 50 sekolah, tiap sekolah 10 PC
  • untuk memberi makan 1000 orang selama sebulan, makan 3 kali sehari, sekali makan butuh 10.000 rupiah
  • atau untuk membayar tagihan speedyku selama 1000 bulan alias 83 tahun!

Anda pasti punya imajinasi lain tentang bagaimana uang 1 miliar bisa lebih berguna daripada untuk membiayai pidato 15 menit yang mungkin sekali pendengarnya sudah lupa begitu menginjak menit ke-19.


1 Komentar

  1. Beautiful Season mengatakan:

    Yupp setuju.. bagus dikasih yatim piatu, barokah..!
    tapi sekarang kan lagi banyak orang narsis, pasang poster dimana-mana😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,688 Kepala

Ziddu

Maret 2009
M S S R K J S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d blogger menyukai ini: