Beranda » catatan kecil » Kisruh Bank Century

Kisruh Bank Century

Kisruh Bank Century, tentu anda sudah tahu: pemilik lama bank ini diduga menggelapkan (money laundry) dana nasabah sebesar 1,4 triliun rupiah dalam program Antaboga Delta Sekuritas Indonesia. Namun setelah membaca berita ini, saya jadi bertanya-tanya.

Disitu diceritakan seorang nasabah yang percaya betul hingga mengaku menaruh investasi sebesar 69 miliar! Itu hasil kerja keluarganya selama 30 tahun. Sekarang ia mempunyai banyak utang bahkan sekadar untuk membiayai hidup sehari-hari. Padahal ia mempunyai perkebunan tembakau dan jagung dengan karyawan 500 orang.

Tanpa mengurangi rasa ikut bela sungkawa atas kasus tersebut, saya jadi bertanya-tanya, kok percaya betul sama orang ya? Kok gampang banget naruh duit di orang lain ya? Kalo cuma 10-20 juta sih mungkin ga pa pa (bagi saya yang kemampuan imajinasinya belum angka miliaran) tapi kalo sudah puluhan M?

Tapi mungkin bagi yang cuma menaruh 10-20 juta, kemampuan menghadapi kehilangan juga sekitar itu. Dan bagi yang menaruh puluhan miliar, kemampuan menghadapi kehilangan alias aset yang masih dikelola juga sekitar itu. Artinya, jangan silau oleh J atau M atau T, melainkan kemampuan untuk menghadapi sesedikit atau sebesar apaun itu – baik uang, jabatan maupun status sosial. Kehilangan sedikit artinya memang anda juga punya sedikit, kehilangan banyak artinya memang anda juga punya berlimpah. Setuju?


1 Komentar

  1. sunarnosahlan mengatakan:

    begitu mudahnya menipu kepercayaan yang telah diberikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,688 Kepala

Ziddu

April 2009
M S S R K J S
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d blogger menyukai ini: