Beranda » catatan kecil » Sorry, Geocities are No Longer Available

Sorry, Geocities are No Longer Available

Geocities sedang sekarat, atau disekaratkan oleh pemiliknya, Yahoo, atau dieuthanasia. Akhir tahun ini, situs gratis tersebut benar-benar tamat. Bila anda membuka geocities.com sekarang, akan ada pemberitahuan “Sorry, new GeoCities accounts are no longer available.”

geo

Yahoo membeli Geocities seharga 3 miliar dolar tahun 1999. Ia, seingatku, adalah situs pertama yang gratis. Jauh sebelum ada wordpress, blogspot dan facebook. Yang sejaman dengannya mungkin tripod.

Saya juga mempunyai akun di geocities beberapa tahun yang lalu dan sejak rame-rame ngeblog, geocities saya tinggalkan. Akhirnya saya lupa username dan password saya.šŸ˜¦

Selain Geocities, Yahoo juga berencana menutup Yahoo Briefcase, Farechase, My Web, RSS ads, Yahoo Pets, Yahoo Live, Kickstart, dan Yahoo For Teachers. Bahkan Yahoo sudah meng-outsource-kan radio Launchcast ke CBS Corp. Tetapi bila anda ingin punya hosting di Yahoo, mereka menyediakannya dengan imbalan US$ 5,98 per bulan alias lebih dari 700 ribu per tahun. Jelas lebih mahal dibanding rata-rata fee hosting umumnya.

Krisis ekonomi dunia tidak pandang bulu menghantam dunia internet juga. Yahoo hari Selasa mengatakan akan memecat sekitar 700 karyawan, yang merupakan pengurangan tenaga kerjanya tahap ketiga dalam 14 bulan terakhir.

Pendapatan Yahoo sendiri turun drastis. Selama tiga bulan pertama tahun ini, Yahoo memperoleh pendapatan US$ 118 juta, atau 8 sen per saham. Bandingkan dengan laba tahun lalu pada periode yang sama, yaitu sebesar US$ 537 juta, atau 37 sen per saham. Dengan kata lain, untungnya turun 78 persen. Pendapatan globalnya juga turun sebesar 13 persen menjadi US$ 1,58 miliar.

Geocities sendiri menurut saya sudah tidak asik. Fiturnya kalah jauh dibandingkan layanan serupa yang menjamur 5-6 tahun belakangan ini. Karena tidak diupdate (perasaan saya lo, karena jarang login) ya pembaca meninggalkannya dan akhirnya megap-megap.

Pertanyaannya ke depan, apakah layanan hosting berbayar Yahoo sanggup bertarung dengan raksasa hosting lainnya semacam justhost? Saya ragu. Sudah banyak jasa hosting yang memperebutkan kue yang sama. Kalau tidak ada nilai lebihnya, saya rasa penyediaan jasa tersebut sekadar mencegah agar para pelanggannya tidak lari ke jasa web host lainnya atau kembali ke gratisan macam saya.šŸ™‚

***
Btw, mengapa kompas telat 13 jam dibanding tempointeraktif mengenai berita ini? Ketahuan ya suka copy paste juga, wkwkwk…šŸ™‚

geo2


4 Komentar

  1. yanti mengatakan:

    Hmmm… memang ada masanya terjadi seleksi alam… Yang sanggup bertahan.. hanya mereka yang selalu mau berinovasi dengan terobosan baru….

  2. sunarnosahlan mengatakan:

    belum lama ini saya baca di koran Yahoo terimbas krisis global dan siap merumahkan beberapa karyawannya

  3. redshedou mengatakan:

    Om,, geocities ne bakal tutup permanen atau di jual dan di kelola orang lain dan ganti nama?..

  4. Johan Firdaus mengatakan:

    geo cities bakal tutup permanen, tetapi gak menutup kemungkinan dia bisa kaya lycos yang free account, pada saat hampir koit, di bayarin orang

    btw, yang mau tau sejarah geocities check this out :
    Sejarah Geo Cities

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,543 Kepala

Ziddu

April 2009
M S S R K J S
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d blogger menyukai ini: