Beranda » catatan kecil » Saran untuk Mega, SBY dan JK untuk Debat Nanti Malam

Saran untuk Mega, SBY dan JK untuk Debat Nanti Malam

Apakah saya yang bukan apa-apa layak memberi saran untuk para calon pemimpin bangsa? Jelas tidak. Mereka sudah punya tim khusus, grup pendukung, kelompok pemenangan, penggemar, relawan dan entah apa lagi, yang bertujuan untuk menggalang suara dan dana demi kemenangan jagoannya.

Apakah saya yang pikirannya cetek masih bisa didengar oleh mereka-mereka yang pemikirannya seluas samudera, sedalam palung hindia dan sejauh bintang kejora? Jelas tidak. Hampir enam bulan ini seliweran pemikiran dari berbagai penjuru bumi melintasi batas geografis, memapar saraf-saraf neuron dan membuncah-buncah hati. Kata orang, suara saya ibarat menggarami lautan.

Apakah saya yang jauh dari hingar-bingar Jakarta, jauh dari gemerlap kota-kota besar lainnya, jauh dari sentra-sentra suara, jauh dari pusat-pusat peradaban dan perbelanjaan, masih akan dibaca tulisannya? Jelas tidak.

Apakah blog saya yang alakadarnya, dikunjungi hanya seratusan orang per hari, masih dilirik orang-orang haus informasi dan ring satu, dibandingkan dengan blog-blog selebriti politik, yang sehari bisa diserbu hingga puluhan ribu user? Jelas tidak.

Tapi karena ini blog saya (meski numpang), ya saya tulis sesuka hati saya.

Jadi, kepada Ibu Mega, Pak SBY dan Pak JK, untuk debat nanti malam, saya memberi saran:

Pertama
, berpakaianlah yang sopan, gunakan setelan formal tapi ga usah terlalu formal, lebih baek pake buatan dalam negeri. Sepatu dan dasi juga buatan dalam negeri. Sisiran yang rapi. Pake minyak biasa saja, ga usah terlalu mencolok. Sikat gigi dulu dan pastikan tidak ada kulit cabe nyelip di gigi geraham. Ga usah pake bunga mawar di dada, apalagi kalo cowok.

Kedua, selalu tersenyum, kalo bisa yang tulus, jangan senyum kecut atau senyum ga ikhlas. Tapi jangan tertawa terbahak-bahak juga terlalu keras, sehingga sakit telinga yang mendengarnya. Cukup kelihatan gigi putih anda. Jangan memberengut. Meski anda disindir, tersenyumlah. Meski anda dikritik dan diserang, tertawalah. Meski ada seribu Butet di sekitar anda, tenanglah. Meski ada RUhut dan Rizal di dekat anda, santai saja. Badan harus tegak, meski tubuh kecil dan capek. Tegaklah, jangan kelihatan loyo. Bangsa ini butuh pemimpin yang lincah bak cheetah dan kuat seperti elang.

Ketiga, gunakan bahasa tubuh yang saling melengkapi dan tidak menipu. Jangan bilang iya sambil mengeleng, jangan bilang tidak sambil mengangguk, jangan tertawa sambil melotot marah. Jangan bilang saya mengerti sambil menggebrak meja.

Keempat, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sedikit pake bahasa slang alias bahasa prokem pergaulan ga pa-pa. Lebih baik kurangi bahasa asing, kecuali tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Bicara yang rapi, runtut, jelas, mudah dimengerti semua kalangan dan ada “quote” yang mudah ditangkap pemirsa dan berdurasi lama menancap di memori mereka.

Kelima, fokus pada program dan visi misi sendiri, tidak perlu terpancing untuk berkomentar negatif pada program lawan. Meski, yang saya tahu, program ketiganya tidak berbeda jauh. Tetapi, plis, ga usah berdebat yang ga perlu, ga usah menjelek-jelekkan lawan, ga usah mengungkit masa lalu, ga usah meributkan domain KPU dan Banwaslu, ga usah memamerkan keberhasilan sendiri. (* jadi apa dong yang didebatkan?*😦 )

Saya juga pusing, jadi lanjutkan tidak?


2 Komentar

  1. Pemilih.com mengatakan:

    Cahayasura: Saran untuk Mega, SBY dan JK untuk Debat Nanti Malam…

    Kelima, fokus pada program dan visi misi sendiri, tidak perlu terpancing untuk berkomentar negatif pada program lawan. Meski, yang saya tahu, program ketiganya tidak berbeda jauh. Tetapi, plis, ga usah berdebat yang ga perlu, ga usah menjelek-jelekkan…

  2. salam mualaikum,,,,
    dari masa orde lama ampe orde baru indonesia tdk pnh mengalami seperti msa skarang keselerasan tingkat ekonomi n politik maupun sosial. ini sbuah sejarah dan kualitas bangsa yg mkin bermutu. bila kita mengecek pada masa reformasi pun masih byk terjdi planggarn baik politik ekonomi maupun sosial sperti kasus2 yg melibatkan HAM BRAT.ex: kasus2 aceh dan timor leste !! dan juga kita tdk mengalmi kenaikan kualitas berbangsa yang cukup baek dr sudut ekonomi misalnya! masih byk penganguran dan inflasi negara yang makin meningkat ! baek presidennya dari habibi sampe prempuan yg plng bayak bicara bu megawati .,.,.
    kiat melihat apa yang telah dicpai oleh pak sby sangat luar biaasa dr sudut politik maupun ekonomi !! pak sby telah dapat menggerakkan swasembada beras dan tgkat inflasi negara sudah sangt trun dratis ampe 0.8% itu luar bisa ktimbang tahun 2001 ampe 2004 yang tgkat inflasi luar bsiasa bengkak. dan sya pribdi dan sosok beliau pak sby sangat co2k menjadi presiden dari segi kecekapan bicara yg telah kita saksikan di debat capres maupun dr segi figurenya yaitu orgnya berwibawa dan dr sudut fisik sangat cocok menjdi figure seorang president !!!sby juga manusia yang religius! saya teringat dgn hadist maupun sejarah ! “PEMIMPIN YANG BAEK AKN BYK MENDAPT COBAAN ” dgn kata lain pak sby adalah pemimpin itu yang diamanahkan dibandingkan kedua capres yang lain tw oposisinya coz slam pak sby menjabat presiden telah byk kita laului byk cobaan baik gempa tsunami longsor banjir dan lain2. tp beliau dapat menghadapi itu semua ! sby sangat byk memberikan sumbagsi terhadap bangsa ini ! seperti kasus damai di aceh ! saya masyarkat aceh tp sya brni mejamin yg mendamaikan aceh adalah pak sby knapa? cuba anda pikir saja mngapa DEMOKRAT yg menang di pemilu legislatif bukan partai nasional yg lain ini pertanda masy, aceh percaya akn sby ! siapa bilang pak jk ??? apapun critanya pak jk aruzzz meminta ijin dl kepda pak sby dan saya ykin pak sby adalah figur yg menyanygi smua sku dan tdk adnya deskriminasi ! saya msih brumur 18 taon dan baru saja tamat sma tp sya mulai dan ingin mendalami sistem politik di indonesia ! dan saya sadar akan kepemimpinan seseorang dan yg sangat saya kagumi adalah pak sby ! dan saya harapkan pak sby dapat memimpin lagi indonesia kembali dan LANJUTKAN lagi tata kelolalaan dan sistem pemrintah yang bersih dan hapuskan KKN (ni realita selama sby menjabat pres kasus KKN telah merosot ketimbang pendahulunya) dan slalu memperhatikan smua daerah baek dr sabang sampai marauke ! apa yang kita ragukan lagi akan sosok pak sby yang bisa mencerminkan kepimimpinan yng berbasis akan kebangsaan ! jgn mao dibeli suara kita dengan poliik kotor liatlah dan pikirkan mnrt anda siapa yg plg pantezz menjadi president ! dan ingat jangan MAU DIAJDIKAN PENDEnGAR FITNAH DR MEDIA MAUPUN DR CAPREZZ YANG LAEN ! ini sih mnrt saya pilih aja NOMOR 2 itu sih mnrt saya ! tapi smua pilihan ditangan anda !
    wasssalam mualaikum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pelongok

  • 217,543 Kepala

Ziddu

Juni 2009
M S S R K J S
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: